Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Rabu, Januari 16, 2008

Huru-Hara Hari Kiamat


Judul Asli : An Nihayah
Penulis: Ibnu Katsir
Muhaqiq dan peringkas : Muhammad Ahmad Abudl Aziz
Penterjemah: H. Anshori Umar Sitanggal, H. Imron Hasan, Sag
Halaman : xxxii + 536 ; hard cover
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar


فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا فِيمَ أَنْتَ مِنْ ذِكْرَاهَا إِلَى رَبِّكَ مُنْتَهَاهَا إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرُ مَنْ يَخْشَاهَا كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا

“(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya?. Siapakah kamu (sehingga) dapat menyebutkan (waktunya)? Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya). Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari berbangkit). Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.” (An-Naazi’at : 42 – 46)

Ayat di atas menegaskan akan adanya hari kiamat. Meskipun hal tersebut menjadi rahasia Allah semata, namun Allah telah memberikan petunjuk kepada Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam mengenai tanda-tanda terjadinya hari kiamat, mengabarkan kepada beliau mengenai kengerian hari kiamat dan keadaan manusia di akhir zaman.

Ibnu Katsir, telah menyusun sebuah kitab tarikh yang besar, Al-Bidayah wa an Nihayah, dan buku yang telah diterjemahkan ini merupakan ringkasan dari bagian akhir kitab tersebut yakni an-Nihayah, yang di dalamnya berisi dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi sallallahu alaihi wasallam yang menerangkan kejadian-kejadian di akhir zaman.

Kitab ini diawali dengan fitnah yang akan terjadi di akhir zaman yang telah dikabarkan oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam, yang sebagiannya telah terjadi di zaman kita sekarang ini.

Diantara tanda-tanda besar tentang terjadinya kiamat dengan kemunculan Dajjal yang kemudian dibinasakan oleh Nabi Isa beserta pasukannya, dan juga keluarnya Ya’juj dan Ma’juj. Dalam buku ini juga diterangkan kengerian-kengerian hari kiamat, kepada siapa dan bagaimana hari kiamat terjadi, keadaan manusia di padang mashyar, hingga sampai penduduk surga masuk ke surga dan penduduk neraka masuk ke dalam neraka, siksa yang dialami penduduk neraka, dan kenikmatan-kenikmatan yang akan diperoleh oleh penduduk surga.

Sebuah buku yang sangat baik untuk terus mengingatkan betapa dahsyatnya hari kiamat, agar kita lebih waspada dengan segala fitnah akhir serta mengingkatkan amal ibadah, keimanan dan ketaqwaan kita agar tidak menjadi orang-orang yang merugi di akhirat kelak.

Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla