Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Selasa, Januari 15, 2008

Panduan Praktis Tajwid


Judul: Panduan Praktis Tajwid dan Bid'ah-Bdi'ah Seputar Al-Qur'an
Penulis : Al-Ustadz Abu Hazim Muhsin bin Muhammad Bashory
Penerbit: Maktabah Daarul Atsar
Jumlah hal. :168
Cover: Soft Cover

Membaca Al-Qur'an mempunyai keutamaan yang sangat besar. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Umamah radiallahu anha dari Nabi sallallahu alaihi wassalam: "Bacalah kalian Al-Qur'an karena dia (Al-Qur'an) itu akan datang pada hari kiamat memberi syafaat bagi pembacanya." (HR Muslim).

Untuk meraih keutamaan itu tentu saja perlu didukung dengan bacaan yang baik pula. Sebagaimana perintah Allah dalam firman-Nya:

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا

" Dan bacalah Al Qur'an itu dengan tartil." (QS Al-Muzammil : 4)

Untuk itu ilmu tajiwd menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Terlebih lagi seorang hamba dituntut untuk membaca Al-Fatihah dan beberapa surah lainnya dalam setiap shalat, sehingga menyempurnakan shalat dengan membaguskan bacaan Al-Qur'an merupakan salah satu upaya untuk meraih pahala besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Namun demikian, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya ilmu tajwid ini. Padahal membaca Al-Qur'an dengan pelan, dan tenang dan memahami hukum tajiwd yang benar, baik memanjangkan bacaan panjang, mengucapkan dengung merupakan sebagus bacaan. Ketidaktahuan ini bisa menimbulkan kesalahan fatal, karena kekeliruan dalam bacaan dapat menyebabkan perubahan makna. Dan hal ini tidak saja menimpa masyarakat awam namun juga sebagian imam rawatib, yang menunjukkan masih jauhnya mereka dari ilmu.

Meskipun buku ini merupakan panduan praktis, namun di dalamnya telah mencakup hal-hal yang sangat penting dalam mempelajari ilmu tajwid. Dimulai penjelasan mengenai Ilmu Tajwid itu sendiri, keutamaan Al-Qur'an dan pembacanya, adab, rukun dan tertib bacaan, hingga penjelasan mengenai kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan kemudian dilanjutkan dengan pelajaran tajwid itu sendiri yang dimulai dengan 'makhrajatul-huruf".

Bagi anda yang saat ini berkeinginan untuk belajar tajwid dan belum menemukan guru untuk memulainya, maka buku ini akan sangat bermanfaat untuk mulai belajar sendiri di rumah. Karena berbeda dari kebanyakan buku pelajaran tajwid, untuk memudahkan latihan, buku ini juga dilengkapi 2 CD dengan bimbingan langsung oleh Ustadz Abu Hazim, yang menimba ilmu tersebut selama beberapa waktu di negeri Yaman.

Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan penjelaskan mengenai bid'ah-bid'ah seputar Al-Qur'an serta 250 kesalahan yang seringkali terjadi dalam membaca Al-Fatihah. Sehingga bukan saja praktis, tetapi buku ini termasuk lengkap karena mencakup beberapa hal penting sekaligus dan ditambah penjelasan yang lebih mendalam pada CD.

Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla