Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Rabu, Februari 27, 2008

Ibnu Taimiyah, Pembaruan Salafy dan Dakwah Reformasi


Judul Asli : إبن تيمنة التجديدي السلفي ودعوة الإصلاحية
Penulis: Syaikh Dr. Said Abdul Azim
Penterjemah: Faisal Saleh Lc. M.Si dan Khaerul Amru Harap Lc. M.Hi.
Halaman : xiv + 288 hal ; soft cover
Cetakan: Pertama, 2005
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar


Orang-orang yang dikenal sebagai pembaharu dewasa ini semakin banyak, namun justru karena mereka lah dunia menjadi semakin terasa asing. Tidak ada sebab akan hal ini, kecuali karena mereka telah menjauh dari agama dan manhaj yang haq, yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabatnya berada di atasnya.

Kiranya tidak berlebihan jika penulis di dalam judulnya menampilkan Ibnu Taimiyah sebagai sosok pembaharu dakhwa salafiyyah. Ibnu Taimiyah sendiri dikenal sebagai sosok yang fenomenal, seorang ulama yang dengan kejeniusan serta sepak terjangnya benar-benar monumental sepanjang sejarah. Sebagaimana dikatakan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani, "Popularitas Ibnu Taimiyah lebih bersinar dari matahari. Pemberian gelar 'Syaikhul Islam' kepada Ibnu Taimiyah masih tetap abadi sampai sekarang dan gelar ini akan selalu abadi di masa yang akan datang, sebagaimana gelar itu abadi d masas silam. Tidak ada orang yang akan mengingkari gelar itu kecuali orang yang tidak mengetahui tentang kapasitas dirinya."

Buku ini mengulas secara ringkas sisi-sisi kehidupan Ibnu Taimiyah, penguasaannya dalam hal ilmu, keterlibatannya di dalam jihad mempertahankan tanah kaum Muslimin dari serangan Tartar, keteguhannya dalam menumpas segala aliran sesat yang berkembang pesat pada saat itu. Beliau dijebloskan ke penjara berkali-kali karena kedengkian dan fitnah musuh-musuh yang menentang dakwahnya.

Kemudian penulis memfokuskan diri mengulas metode dakwah Ibnu Taimiyah, dakwah terhadap tauhid, sikap, bantahan dan kritik terhadap agama dan aliran-aliran sesat, seperti mereka yang mengganti ajaran agama Al-Masih, pera penganut filsafat, aliran sufi, syi;ah rafidha, mengenai wali dan kewalian, serta aliran-aliran kebatinan lainnya. Penulis juga mengulas dasar-dasar pemikiran fiqih Ibnu Taimiyah yang dalam beberapa bagian pemahasan, yang kemudian menampilkan Ibnu Taimiyah sebagai sosok pembaharu dalam dakwah Salafiyyah.

Sebuah buku yang sangat menarik untuk dibaca, menepis syubhat dan fitnah yang dinisbatkan kepada Ibnu Taimiyah. Bagaimapaun juga, buku ini tidak dimaksudkan untuk memberikan pujian berlebihan kepada beliau, seperti apa yang dinukil dihalaman akhir oleh penerbit, Ibnu Qayyim berkata tentang gurunya , "Ibnu Taimiyah adalah seorang Syaikhul Islam yang kami cintai dan kagumi, tetapi bagaimanapun juga kami lebih mencitai kebenaran daripada dirinya."

Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla