Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Jumat, Februari 01, 2008

Minhajul Qashidin



Judul Asli : Mukhtasar Minhajul Qashidin
Penulis: Ibnu Qudamah al-Maqdisi
Judul Terjemahan: Minhajul Qashidin, Jalan Orang-orang yang Mendapat Petunjuk
Muhaqiq : Abdullah Al-La'itsi Al-Anshari
Penterjemah: Kathur Suhardi
Halaman: 526; hard cover
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Sebagian besar kita pasti mengetahui atau pernah mendengar kitab Ihya Ulumuddin karya Al-Imam Al-Gazali yang demikian terkenal sehingga diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan menjadi rujukan banyak orang. Yang mungkin tidak banyak diketahui orang, bahwa buku tersebut mengandung banyak hadits-hadits dha'if, maudhu dan batil, yang tidak dapat dijadikan dalil dalam beribadah.

Sebagai gantinya, seorang imam besar di zamannya, Al-Imam Ibnul Jauzi, kemudian menysun kitab Minhajul Qashidin, sebagaimana yang dikatannya, sengaja diambil dari riwayat-riwayat yang shahih dan mashyur, dengan membuang pa-apa yang tidak bermanfaat dari Ihya Ulumuddin, dan ditambahkan apa-apa yang menurut beliau pantas untuk ditambahkan.

Melihat kandungan kitab yang sangat menonjol. Ibu Qudahmah kemudian meneliti kembali kitab Minhajul Qadhidin, memberi catatan dan meringkasnya, sehingga menjadi seperti buku yang telah diterjemahkan ini. Di dalam buku ini sendiri masih terdapat beberapa hadits yang lemah periwayatannya, namun oleh Muhaqiq telah diberi catatan kaki.

Buku ini terbagi ke dalam empat bab, yakni Bab Masalah-masalah Ibadah; Bab Adat Kebiasaan Sehari-hari; Bab Hal-hal yang Merusak; dan Bab Hal-hal yang Menyelamatkan. Mengumpulkan faedah dari buku ini seolah merintis jalan menuju kesalamatan.

Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla