Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Minggu, Desember 07, 2008

Menuntun Anak ke Surga

Judul asli : 60 Washiyyah fiil Huquqq al-Abna ‘al al-Abaa Huquqq Abaa ‘ala Al-Abnaa
Penulis : Prof. Dr. Shalah Sultan
Judul Terjemahan: Menuntun Anak ke Surga
Penterjemah : Imam Ghazali Masykur, Lc.
Halaman : 156; soft cover
Cetakan : Pertama, Oktober 2008
Penerbit :Daar An-Naba

Anak adalah aset terbaik orang tua. Keberhasilan mendidik anak menjadi anak-anak yang shalih/shalihah merupakan modal amal bagi kedua orang tua yang akan terus mengalir meski mereka telah tiada, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Nabi shallallahu alaihi wasallam: “Ketika seorang manusia meninggal dunia, (pahala) amalnya terputus, kecuali (pahala) amal tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Telah seringkali dibahas dalam banyak buku dan kajian, kewajiban anak berbakti kepada orang tua serta berbagai aspek yang terkait dengannya sebagai konsekuensinya. Namun yang masih jarang dibahas adalah bagaimana memenuhi hak-hak anak, mendidik mereka agar menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah yang pada gilirannya akan menjadikan mereka berbakti kepada kedua orang tuanya.

Dalam buku ini, penulis berusaha menuangkan bagaimana mendidik anak dan memenuhi hak-hak mereka dalam konteks kekinian, dimana kaum Muslim hidup di zaman yang penuh fitnah, dengan serbuan modernisasi, informasi dan gaya hidup dunia Barat yang memasuki rumah-rumah kaum Muslimin hingga tidak jarang memporakporandakan sendi-sendi kehidupan keluarga, menjadikan anggota keluarga menjadi individu dengan dunianya masing-masing. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pembangkangan anak terhadap ayah ibunya juga adalah akibat yang didapatkan di dalam rumah yang telah beralih fungsi dari taman pendidikan menjadi sekedar kandang untuk penggemukan badan.

Yang berbeda dari buku ini adalah penjelasan mengenai pendidikan anak yang dirinci pada beberapa fase, mulai dari tahap persiapan perkawinan, persalinan hingga fase-fase pertumbuhan anak yang tentu saja memerlukan pendekatan yang berbeda sesuai dengan perkembangan tingkat pemahamannya serta interaksinya dalam dunia pergaulan yang semakin melebar keluar rumah. Penulis menggunakan pendekatan psikologis dalam menjelaskan kewajiban- kewajiban yang lebih bersifat aplikatif sehingga lebih mudah untuk diterapkan dalam konteks kehidupan saat ini, dengan tentu saja tetap berlandaskan syariat Islam.

Dengan pendekatan yang sama, pada bagian kedua, penulis memaparkan secara singkat kewajiban-kewajiban aplikatif anak terhadap orang tua berdasarkan fase-fase kehidupan mereka. Sebuah buku yang layak dibaca oleh anggota keluarga, untuk membangun interaksi yang sukses antara orang tua dan anak.


Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla