Rss

E-Book Pilihan

Menyingkap Mitos WahhabiMenyingkap Mitos WahhabiPenulis: Haneef J. Oliver.

Lihat eBook

Tata Cara Sujud SahwiTata Cara Sujud SahwiPenulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimi rahimahullah...

Lihat eBook

Sifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijSifat dan Karakteristik Ekstrimis KhawarijPenulis: Syaikh Adil bin Ali al-Furaidan

Lihat eBook

Selamat Datang di Maktabah Raudhah al-Muhibbin.

Dipersilahkan untuk memakai dan menyebarluaskan materi Maktabah tanpa merubah isi serta tidak untuk tujuan komersil.

Semoga bermanfaat, barakallahu fikum

Kamis, Oktober 01, 2009

Qutaybah bin Muslim al-Bahili

Membuka lembar-lembar sejarah mengingatkan kita akan kejayaan kaum Muslimin di masa lalu. Betapa tidak, Islam dan kaum Muslimin yang pada awalnya hanya berupa komunitas kecil di Madinah, kurang lebih seabad kemudian menguasai hampir sepertiga dunia, dengan wilayah kekuasaan yang membentag dari Afrika Utara sampai ke wilayah India. Hal itu tidak lepas dari peran para pejuang-pejuang Islam, yang berlomba-lomba untuk berjihad di jalan Allah, guna menyebarkan dan menegakkan agama Islam yang haq di muka bumi.

Salah satu di antara panglima yang sangat besar jasanya dalam perluasan penyebaran Islam di berbagai wilayah di dunia adalah Qutaybah bin Muslim al-Bahili. Jika Musa bin Nushair adalah penakul Magrib dan Andalusia yang berada di wilayah Barat, maka Qutaybah adalah penakluk wilayah timur.

Ada beberapa pelajaran penting yang diangkat oleh penulis di akhir biografi singkat ini, sesuatu yang seharusnya menjadi ibrah bagi orang-orang yang datang kemudian. Salah satu diantaranya adalah pentingnya istiqamah dalam menjalankan agama, karena terkadang, keberhasilan yang diraih seseorang dan amal shalih yang dilakukannya membuatnya tergelincir hingga terperdaya oleh bisikan syaithan, menjadikannya bangga terhadap diri sendiri, yang pada akhirnya membawa kepada akhir yang buruk dari kehidupannya. Naudzubillah!

Silahkan download eBook atau baca selengkapnya di Ruang Baca

Copyright © 2010 Maktabah Raudhah Al-Muhibbin | Theme: Maktabah Online by Khayla